SEJARAH SINGKAT MA KARTA RAHARJA PURWAKARTA

    


   Berdirinya MA KARTA RAHARJA tidak terlepas dari keinginan Tokoh Masyarakat Desa Cisalada yang prihatin dengan keadaan pendidikan Generasi Muda yang ada di Wilayah Desa Cisalada Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta, khususnya yang tidak dapat melanjutkan Pendidikan kejenjang yang lebih tinggi. Oleh karena itu para Tokoh Masyarakat berinisiatif mengadakan pertemuan untuk membahas perlunya didirikan sekolah untuk menampung anak yang ingin melanjutkan sekolah tapi terbentur masalah biaya transportasi,  oleh karena itu maka pada Tahun 2006 sepakatlah didirikan sekolah tingkat menengah atas dengan Nama MADRASAH ALIYAH KARTA RAHARJA Oleh Drs.H. Duki Adam, MM. sebagai mantan Kepala Kasi Kementrian Agama Kabupaten Purwakarta. Sekaligus sebagai Kepala Madrasah MA. KARTA RAHARJA. Dibawah Naungan Yayasan AL- HIDAYAH. 

     Sejak tahun 2006 s.d 2009 MA KARTA RAHARJA belum memiliki bangunan sendiri, sehingga untuk sementara waktu pada saat itu MTS AL – HIDAYAH menjadi tempat sekaligus sarana dan prasarana sementara siswa/i MA KARTA RAHARJA dengan sistem kepengurusan yang bergantian dan dengan animo murid yang masih sangat terbatas. Hanya berkat budi baik dan kepedulian Kepala Madrasah serta Ketua Yayasan AL - HIDAYAH, MA KARTA RAHARJA waktu itu dapat berjalan dengan baik, karena baik tempat maupun alat-alat praktek dan tenaga pengajar semuanya di bantu oleh tenaga Pendidik dari MTs AL – HIDAYAH.

     Tahun 2007 Penggantian Kepungurusan MA KARTA RAHARJA, Kepala Madrasah mulai membenahi Struktur Kepengurusan secara signifikan serta akurat, dan pada saat itulah udara segar kepada MA. KARTA RAHARJA  dan terus dipacu untuk mampu hidup mandiri lepas dari segala ketergantungan kepada MTs AL - HIDAYAH.

        Tahun 2008 adanya perubahan kepengurusan pada Yayasan, dan pada saat itu Yayasan membuat program 10 tahun pertama 2008 s.d 2018. Mulai Mengajukan bantuan sumbangan pendidikan kepada orang tua murid dan ke- Kementrian Agama Kabupaten Purwakarta. 

         Dua Bulan Pengajuan, tepatnya dua minggu setelah bulan puasa 1430 H / 2009 M, MA KARTA RAHARJA mendapatkan dana bantuan pembangunan sebanyak dua lokal dari pihak Kementrian Agama Provinsi Jawa Barat, dan disaat kabar berita turunnya pencairan dana pembangunan ruang kelas, pihak yayasan beserta Kepala Madrasah mulai mencari lokasi tanah pesawahan yang memang sudah tidak layak guna serta tidak terlalu jauh dari jarak tempuh siswa menuju sekolah. 

      Dengan kepedulian dan tekad yang besar dari Kepala Madrasah, beliau membeli sebidang tanah sawah kering seluas 5000Mdi daerah Kp. Hegarmanah Desa Cisalada kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta dari salah satu warga setempat, dan menginfakannya kepada MA KARTA RAHARJA serta menambah ruang bangunan kelas sebanyak satu ruang, dan telah diresmikan  menjadi lokasi kampus MA KARTA RAHARJA PURWAKARTA yang diserahkan secara simbolis oleh Kepala Kementrian Agama Kabupaten Purwakarta Kepada Kepala Madrasah.

0 comments: